Perbedaan Jam Tangan Original dengan Yang Palsu

Bagikan ya :
Terkadang membedakan jam tangan original dengan yang palsu menjadi sangat sulit dan membingungkan. Hal ini dikarenakan oleh semakin pintarnya pabrik-pabrik yang memproduksi barang-barang replika yang biasanya berlokasikan di Negara Cina. Pada artikel kali ini, kita akan mendiskusikan bagaimana cara membedakan jam tangan original dengan yang palsu.

Beredarnya produk palsu atau yang biasanya disebut dengan produk KW bisa menimbulkan 2 efek, positif dan negatif. Dengan beredarnya produk ini, kalangan menegah ke bawah pun bisa membeli jam tangan dengan merk terkenal dengan harga murah meskipun lebih mudah rusak dan berumur lebih pendek daripada yang asli. Efek negative-nya adalah, produsen-produsen jam tangan seringkali dirugikan dan konsumen yang bermaksud hati ingin membeli produk jam tangan original bisa tertipu oleh pedagang nakal yang menjual barang palsu dengan menyebutnya barang asli yang berharga selangit.
   
Oleh karena itu, sangatlah penting bagi kita semua untuk dapat membedakan produk yang original dan juga yang palsu sehingga kita akan terhindar dari penipuan.

Tips Membedakan Jam Tangan Original & Palsu

Beberapa tips yang telah kami rangkum khusus untuk anda:
1. Jam tangan original akan terasa lebih berat daripada yang palsu. Jam tangan original dibuat dengan mesin ori dari pabrikan dengan bahan-bahan berkualitas yang pastinya lebih berat daripada yang palsu.

2. Jam tangan original biasanya dijual dengan menyertakan sertifikat asli dari pabrik yang memproduksinya. Akan tetapi, banyak juga pabrik arloji palsu yang menyertakan sertifikat palsu dengan desain dan logo khas pabrik yang asli.

3. Lihatlah logo yang terpampang pada body atau kaca. Jam tangan original yang diproduksi oleh pabrikan ternama memiliki logo yang lurus dan tidak terlihat compang-camping.

4. Periksa gerakan dari jarum-jarum jam.  Produk yang original pasti memiliki gerakan quartz yang teratur dan lancar (kecuali di saat baterai jam hampir habis). Jam tangan palsu tidak memiliki teknologi quartz sehingga gerakan jarum yang dihasilkan akan terlihat terhambat dan tidak lancar (terkadang dapat langsung berhenti bergerak).

5. Jam tangan original pastinya dijual di counter-counter resmi seperti di mall-mall besar.

6. Produk yang asli juga pasti dijual dengan garansi (pada umumnya 1 sampai 5 tahun lamanya).

7. Body dari produk yang asli pastinya akan lebih kokoh dan terlihat lebih menyatu dibandingkan dengan yang palsu. Kita bisa mengetahui kualitas dan kekuatan dari body dengan cara memegang-nya saja. Stainless steel atau logam yang berkualitas tinggi akan terasa lebih dingin dan tebal dibandingkan dengan kualitas rendah.

Bila Membeli Yang Salah
Setelah membeli sebuah jam tangan, dan anda baru sadar bahwa produk tersebut adalah produk palsu atau replika, terdapat beberapa hal yang perlu anda lakukan.

Hal pertama yang dapat anda lakukan adalah berkonsultasi pada yang ahli menanyakan apakah memang barang yang anda beli adalah original atau tidak.

Setelah memastikan bahwa anda telah ditipu, hal kedua yang perlu anda lakukan adalah menghubungi si penjual dan meminta klarifikasi atau kalau perlu refunt atau ganti rugi bila memang terbukti penjual melakukan sebuah tindakan penipuan.

Bila memang tidak ada jalan keluar, melaporkan kasus tersebut kepada pihak yang berwenang akan menjadi jalan satu-satunya yang dapat dilakukan.

Kesimpulan
Berhati-hatilah dan cermatlah dalam memilih jam tangan original. Jangan tergiur dengan tawaran yang dirasa tidak masuk akal, karena barang tersebut bisa jadi adalah produk palsu atau tiruan yang tentunya akan merugikan anda sendiri. Jangan terburu-buru dalam membeli apa pun, bandingkan dengan yang lain.

Bagikan ya :