Tips dan Cara Tidur yang Sehat

Bagikan ya :
Tips dan Cara Tidur yang Sehat
Mendapatkan tidur yang sehat adalah bagian dari menjaga kesehatan, mengapa? karena manusia memiliki batas maksimal dalam kinerja tubuh sehingga membutuhkan tidur, tidur dalam hal ini tentu saja tidur yang sehat yang dapat memberikan tenaga ekstra ketika tubuh kembali terbangun dari tidur dan melanjutkan aktivitas sehari-hari.

Namun makin berkembangnya dan kesibukan yang dialami setiap manusia membuat aktifitas tips paling penting ini perlahan tersingkirkan dan dilupakan. padahal jika tubuh dipaksa untuk melakukan pekerjaan diluar kemampuan tubuhnya maka akan terjadi kelalahan dimana tubuh akan mengambil tenaga dari otak sehingga menurunkan daya tahan tubuh dan pikiran saat bekerja.

Walaupun dalam kondisi yang sangat sibuk sekalipun diharuskan untuk menyediakan waktu tidur yang sehat, ada beberapa cara bagaimana memulai hidup sehat dari tidur yang sehat. Berikut ini tips dan cara tidur yang sehat yang boleh Kamu terapkan.

1. Setiap manusia memiliki waktu tidur yang direkomendasikan berdasarkan kelompok umur.
Untuk dewasa direkomendasikan untuk tidur minimal 9-10 jam perhari, dan untuk kelompok usia sekolah dianjurkan 10-11 jam. ini akan berbeda untuk para ibu hamil yang dianjurkan tidur lebih panjang dari kebanyakan orang.

2. Situasi disekitar tempat tidur perlu diperhatikan.
Tidur yang sehat adalah saat dimana lingkungan sekitar mendukung untuk hal tersebut, sangat tidak disarankan untuk tidur di tempat yang bising. ini akan menjadi hal yang sulit untuk mereka yang memiliki aktivitas perkerjaan dimalam hari sehingga mengharuskan mereka harus tidur atau beristirahat di siang hari. jalan keluarnya adalah dengan mencari tempat yang hening sehingga otak benar-benar rileks dan dapat memaksimalkan kualitas tidur.

3. Jeda makan dan tidur malam adalah 2-3 jam.
Kenali diri anda sendiri apakah anda adalah orang yg mudah lapar di tengah malam, bisa jadi ketika anda selesai makan malam langsung tidur. hal ini dianggap tidak cukup baik. karena ketika tubuh tidur maka metabolisme tubuh meningkan yg menjadi mempercepatnya proses pencernaan makanan. sebisa mingkin berikan jeda dari saat makan malam ke tidur.

4. Hindari Rokok dan Kafein sebelum tidur.
Jika anda adalah seorang perokok dan penikmat kopi dan teh hangat sebelum tidur maka hindarilah kebisaan itu jeda waktu yang disarankan adalah 5-8 jam sebelum tidur. kandungan nikotin dan kafein yang masuk kedalam tubuh dan saat tidur akan tetap mengendap dan tidak di proses tubuh karena dalam kondisi tidur tubuh benar-benar istirahat.

5. Perketat waktu kerja dan aktivitas harian anda dengan jadwal tidur.
Terkadang banyak orang yang gila kerja sehingga mengabaikan waktu istirahatnya yang tidak karu-karuan. awas, jika anda melakukan hal ini dalam jangka waktu yang lama maka timbulan berbagai macam penyakit yang diakibatkan menurunnya fungsi organ tubuh akibat kelelahan.

6. Sempatkan waktu tidur siang.
Satu jam adalah waktu ideal anda untuk tidur siang, selain untuk merilekskan tubuh dan pikiran saat beraktifitas, tidur siang juga memberikan tenaga ekstra untuk melanjutkan aktivitas dan disempurnakan oleh tidur malam.

Semoga artikel kali ini bermanfaat dan berguna ya Veroholic :)

source

Bagikan ya :