Pesan Moral dan Motivasi dari Steve Jobs Pendiri Apple

Bagikan ya :

Sebuah ceramah yang luar biasa dari Steve Jobs sang pendiri Apple Computer tentang perjalanan dan perjuangan hidupnya jatuh bangun dari kehidupan. Berikut penuturannya...

Saya beruntung karena tahu apa yang saya sukai sejak masih muda. Woz dan saya mengawali Apple di garasi orang tua saya ketika berumur 20 tahun. Kami bekerja keras dan dalam 10 tahun Apple berkembang dari hanya kami berdua menjadi perusahaan 2 milyar dolar dengan 4000 karyawan. Kami baru meluncurkan produk terbaik kami Macintosh satu tahun sebelumnya, dan saya baru menginjak usia 30Dan saya di pecat!

Bagaimana mungkin Anda dipecat oleh perusahaan anda yang dirikan? Yah, itulah yang terjadi. Seiring pertumbuhan Apple, kami merekrut orang yang saya pikir sangat berkompeten untuk menjalankan perusahaan bersama saya. Dalam satu tahun pertama, semua berjalan lancar. Namun, muncul perbedaan dalam visi kami mengenai masa depat dan kami sulit di satukan. Komisaris ternyata berpihak padanya. Demikianlah, di usia30 saya tertendang. Beritanya ada di mana-mana. Apa yang menjadi fokus sepanjang masa dewasa saya, tiba-tiba sirna. Sungguh menyakitkan.

Dalam beberapa bulan kemudian, saya tidak tahu apa yang harus saya lakukan. Maka, saya putuskan untuk mulai lagi dari awal. Hal itu mengantarkan saya pada periode paling kreatif dalam hidup saya. Dalam lima tahun berikutnya, sayamendirikan perusahaan bernama NeXT, lalu Pixar, dan jatuh cinta dengan wanita istimewa yang kemudian menjadi istri saya. Pixar bertumbuh menjadi perusahaan yang menciptakan film animasi komputer pertama, Toy Story, dan sekarang merupakan studio animasi paling sukses di dunia. Melalui rangkaian peristiwa yang menakjubkan, Apple membeli NeXT. Dan, Laurene dan saya memiliki keluarga yang luar biasa. Saya yakin takdir di atas terjadi bila saya tidak di pecat dari Apple.

Obatnya memang pahit, namun sebagai pasien saya memerlukannya. Kadangkala kehidupan menimpakan batu ke kepala anda. Jangan kehilangan kepercayaan. Saya yakin bahwa satu-satunya yang membuat saya terus berusaha adalah karena saya menyukai apa yang saya lakukan. Anda harus menemukan apa yang anda sukai. Itu berlaku baik untuk pekerjaaan maupun pasangan hidup anda. Pekerjaan anda akan menghabiskan sebagian besar hidup anda dan kepuasan sejati hanya dapat diraih dengan mengerjakan sesuatu yang hehat. Dan anda hanya bisa hebat bila mengerjakan apa yang anda sukai.

Bila anda belum menemukannya, teruslah mencari. Jangan menyerah. Hati anda akan mengatakan bila anda telah menemukannya. Sebagaimana halnya dengan hubungan hebat lainya, semakin lama-semakin mesra anda dengannya. Jadi, teruslah mencari sampai ketemu. Jangan berhenti!

"Obatnya memang pahit, namun sebagai pasien saya memerlukannya. Kadangkala kehidupan menimpakan batu ke kepala anda. Jangan kehilangan kepercayaan. Saya yakin bahwa satu-satunya yang membuat saya terus berusaha adalah karena saya menyukai apa yang saya lakukan."


(pada layar) Steve Wozniak dan Steve Jobs

Mhhh... semoga dapat memberi motivasi dan renungan bagi kita semua yaa teman :')

ADVERTISEMENT
Bagikan ya :