Berbagai Anggapan dan Mitos Seputar Jerawat

Bagikan ya :

Benarkah makan coklat dan kacang bisa menyebabkan jerawat? Lalu, apakah benar pasta gigi bisa membantu menyembuhkan jerawat? Berikut ini mitos-mitos yang beredar seputar jerawat. Baca lebih lanjut agar Kamu tak lagi salah dalam merawat kulit wajah.

1. Jerawat disebabkan oleh debu
Faktanya: Jerawat muncul akibat pori-pori tersumbat oleh minyak, bakteri, dan sel kulit mati.


2. Makan coklat dan gorengan bisa menimbulkan jerawat
Faktanya: Sampai saat ini, tak ada penelitian yang bisa menemukan hubungan antara jerawat dengan makanan apa pun. Selama dikonsumsi secara tidak berlebihan, makanan tak akan mempengaruhi jerawat.


3. Jerawat bisa diatasi dengan cara sering-sering mencuci muka
Faktanya: Terlalu sering mencuci wajah bisa menyebabkan kulit iritasi, dan merangsang kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak, sehingga jerawat malah makin meradang.


4. Pasta gigi membantu menyembuhkan jerawat
Faktanya: Pasta gigi tak mengandung zat apa pun yang bisa mengobati jerawat. Carilah obat yang mengandung benzoyl peroxide atau salicylic acid.


5. Memencet jerawat adalah cara tercepat mengusir jerawat
Faktanya: Dengan dipencet dan dipaksa pecah, bakteri penyebab jerawat justru akan mudah tersebar ke bagian lain. Apalagi jika tangan yang digunakan untuk memencet jerawat tidak steril. Akibatnya, bukan hanya jerawat bertambah parah, tapi juga akan meninggalkan bekas luka di kulit wajah.


6. Sinar matahari membantu menyembuhkan jerawat
Faktanya: Paparan sinar matahari bisa menyebabkan iritasi yang membuat jerawat makin parah.


7. Jerawat hanya muncul pada kulit remaja
Faktanya: Pada usia remaja, hormon dalam tubuh banyak mengalami perubahan. Oleh karena itu jerawat lebih sering muncul pada remaja. Namun timbulnya jerawat bukan hanya dipengaruhi oleh hormon, tapi juga oleh kebersihan diri, pola makan, polusi, stres, dan faktor genetik, sehingga anak-anak maupun orang tua pun masih bisa berjerawat.

source

Bagikan ya :