Beginilah Bentuk Tsunami Awan yang Menghantam Kota Panama

Bagikan ya :

Mendengar kata tsunami, maka yang selalu terlintas adalah sebuah bencana alam dengan gelombang air dalam ukuran yang besar. Namun tsunami yang belum lama ini terjadi di pantai kota Panama, Florida, sedikit berbeda. Tsunami ini terjadi dalam bentuk kabut yang menyerupai awan. Waw! seperti apa itu? dan Bagaimana bisa?

Pemandangan tsunami langka ini tertangkap dari atas Panama City Beach oleh Panhandle Helicopter. Pemandangan yang ajaib bukan? Mari kita simak penjelasan dari Dan Satterfield, seorang meteorologist:

"Udara dingin dari lepas pantai saat itu dalam kondisi sedikit lagi berada pada titik jenuhnya, (yaitu) dalam temperatur 20oC dan titik pengembunan 19.5oC. Udara yang memiliki temperatur seperti ini hanya dapat mengangkut sedikit jumlah uap air, dan seberapa banyak yang bisa mereka angkut sangat tergantung dengan temperatur.

Jika kamu menambahkan lebih banyak air ke udara, awan akan terbentuk, tapi kamu juga bisa membentuk awan dengan cara mendinginkan udara. Ketika temperatur dijatuhkan, maka udara itu tak dapat lagi membawa uap air, maka sebagian akan mengalami kondensasi dan awan akan terbentuk."


Tsunami yang berbentuk awan ini terjadi pada tanggal 5 Februari 2012.









source

Bagikan ya :