Fakta: Susahnya Menjadi Artis Idola di Korea

Bagikan ya :

Artis karbitan yang populer belum berhasil ditemukan di Korea sana, karena usut punya usut ternyata menjadi artis khususnya penyanyi/IDOL di Korea butuh yang namanya pengorbanan, kerja keras luar biasa dan konsistensi. Karena pihak management/agensi disana tidak ingin menjatuhkan citra perusahaan dengan mengorbitkan artis abal-abal.

Selain itu mereka mempunyai visi men-targetkan pasar tidak hanya di Korea saja, kalau bisa sampai ke luar Korea, apa mereka berlebihan? tentu tidak! buktinya banyak orang di luar korea yang terkena demam K-Pop termasuk Indonesia juga. Nah dan berikut beberapa fakta-fakta tentang menjadi artis/Idol di Korea yang berhasil dikumpulkan dari berbagai sumber.

1. Terdapat 3 manajamen/agensi terbesar di Korea yaitu JYP Entertainment, YG Entertainment, dan SM Entertainment.

2. Di Korea menjadi artis (terutama penyanyi) bukanlah hal yang mudah! ada 2 hal paling utama yang menentukan layak atau tidaknya seseorang menjadi artis, SKILL dan PENAMPILAN. Tapi tentu skill tetap nomor 1 karena bagi mereka penampilan bisa diubah sewaktu-waktu.

3. Para 'calon artis' biasanya dilatih (di training) nyanyi, dance, vocal, akting, juga kekompakan sesama member dan biasanya dilatihnya itu ga sebulan dua bulan tapi bertahun-tahun -ada yg sampe 5 tahun lebih- sebelum akhirnya didebutkan menjadi penyanyi! tentu saja sebelum menjadi trainee (calon artis) mereka harus melewati 3 tahap audisi.

4. Umur 'calon artis' yg dicari biasanya antara 12-17tahun... dengan waktu trainee yang panjang tapi sesuai sih sama hasilnya (gak cuma Indonesia aja yang kesesem sama artis dari korea, di amerika sendiri malahan ada fandom-fandom tersendiri untuk artis korea idola mereka)

5. Untuk para trainer semua kebutuhan ditanggung manajemen tapi bila trainer tersebut sudah debut (diorbitkan menjadi artis) biasanya sistem pembagian hasilnya kurang fair, lebih banyak ke pihak manajemen. Hitungannya bayar biaya selama si artis di trainee.

6. Penyanyi korea yang masih muda-muda (kayak kpop grup gitu) disebut IDOL disana.

7. Idol korea DILARANG PACARAN oleh manajemen mereka karena akan sangat membahayakan karir mereka! (harus fokus dan total). Kalau usia mereka sudah lebih dari 30 tahun, baru diperbolehkan pacaran, itupun untuk manajemen tertentu.

8. Grup-grup yang baru debut disebut rookie group dan biasanya gak terlalu digubris orang korea sana.

9. Rookie grup biasa debut di acara music populer di korea, MNet Countdown, Inkigayo, Music Bank, dan Music Core.

10. Kalau suatu grup/artis bisa menang 3 award dari acara music yang populer tersebut, mereka disebut Triple Crown.

11. Artis wajib ngikutin jadwal yang udah dibuat manajemen selama 24 jam per 7 hari! makanya mereka harus tinggal di dorm (asrama khusus).

12. Katanya nih wajah-wajah melayu susah kalo mau debut di korea soalnya orang korea kurang suka muka melayu (termasuk muka orang indonesia juga, wah... pupus sudah harapan admin jadi artis korea)

13. Menjadi penyanyi adalah harapan hampir 80% orang tua di korea, karena kesuksesannya pasti luar biasa.

14. Korean fans itu LOYAL BANGET! mereka rela ngabisin uang buat beli CD, poster dan barang-barang lainnya yang berhubungan dengan idol mereka.

15. CD/Calendar/dan merchandise KPOP lainnya adalah barang yang paling laris di korea. Justru produk-produk kayak kosmetik, baju, dll adalah nomer kesekian buat mereka alias gak penting-penting banget!

16. Kebanyakan korean fans cuma punya 1 fandom/fanbase/fansclub, ga lebih! paling banyak 2-3. Mereka konsisten! kalo udah dari awal suka sama satu grup, sampe kapanpun ga bakal ganti tp ttp ada pengecualian.. misal fandom awal mereka ELF (fans Super Junior), sampe kapanpun mereka ELF... kalo misal suka Shinee juga, mereka gak akan menyebut diri mereka Shawol. Paling kalo sekedar suka mereka cuma nyebut diri mereka Shinee's fans atau SNSD's fans bukan fandom! fandom mereka cuma 1.

17. Karena ke-konsistenan mereka itu, walaupun ada artis dihadapan mereka, mereka gak bakal peduli kalau itu bukan bias/artis idola mereka! gitu juga dengan K-Drama, mereka katanya cuma mau nonton kalau yang main itu salah satu dari kpop grup favorit mereka. jadi jangan heran kalo ketemu orang korea trus kamu tanya "kenal sama artis .... ga?" trus dia jawab gak kenal padahal artis terkenal.

18. penjualan album K-POP juga pasti melunjak kalo lagi comeback! biasanya 1 orang fans bisa beli lebih dari 5 CD K-POP yang sama!! alasannya? karena penjualan album kpop itu yg menentukan peringkat kpop idol favorit mereka di chart seperti dosirak, soribada, dll! menurut Korean Fans bukan fans beneran kalo ga bela-belain beli album idol favorite mereka krn masuk korean chart penting bgt!!

19. Di korea, gak cuma anak muda yang suka k-pop, kalo lagi fanmeeting jangan kaget tiba-tiba lihat ahjumma/ibu-ibu ikutan ngantri.

20. Orang korea cinta banget sama budaya mereka, dan artis-artisnya dalam berbagai kesempatan diwajibkan mempromosikan apa aja tentang korea, mulai dari makanan, tempat wisata, dll. Jadi jangan heran kalau udah lihat orang korea menyantap makanannya pasti kita jadi ikut laper!

21. Kalau di SM Entertainment audisi menuntut Skill dan Fisik, kalo di JYP Entertainment.. Selain 2 hal tersebut, nilai rapot juga ikut menentukan lolos gak-nya. waktu mau audisi di JYP mereka wajib menunjukan rapot mereka, dan harus ranking! Misalnya udah lolos audisi di JYP, tapi beberapa waktu kemudian nilai rapotnya turun drastis, bakal dapet peringatan, setelah dapat peringatan dan nilai rapot tetap rendah, maka siap-siap dikeluarin deh dari JYP.

22. Di korea ada berbagai macam acara TV yang kreatif, nah disitu para artis-artis sana diminta menunjukkan kebolehannya. Kalo misal artis tersebut bikin rating acara TV naik, maka jangan kaget kalau di acara-acara lain artis tersebut bakal sering muncul. Contoh acara tv korea: We Got Married, Strong Heart, Running Man, dll).

23. Persaingan para idol di korea itu kuat banget, makanya mereka gak takut buat oplas sana-sini biar gak kalah saingan. Gak jarang ada artis yang bunuh diri karena gak mampu bersaing dengan artis-artis lainnya (ngeri!).

24. SM, JYP dan YG termasuk perusahaan yang berpengaruh di korea! karena artis dibawah manajemen mereka biasanya selalu sukses dan lonjakan saham mereka juga sedikit banyaknya mempengaruhi perekonomian korea.

25. Ada beberapa manajemen yang mewajibkan artisnya tinggal di dorm karena padatnya jadwal mereka, kalau asli dari luar daerah, mereka harus mau pindah ke Seoul.

26. Korean fans suka ngasih hadiah bintang (bintang di langit tuh) buat artisnya karena menurut mereka bintang itu abadi dan bakal diingat terus :')

27. Korean fans gak peduli idolnya oplas atau gak, menurutnya yang penting gimana idolnya sekarang bukan dulunya!

28. YG Entertainment gak peduli penampilan seseorang, yang terpenting skill-nya bukan sekedar bagus tapi Luar Biasa! dan orang tersebut pekerja keras. Contoh besurtan YG Entertainment itu ada Big Bang, 2NE1 dll.

29. Perbandingan artis yang debut dan artis yang gagal di saat bersamaan adalah 1:10. Maksudnya kalau hari ini ada 1 artis yang debut, berarti di saat yang sama ada 10 artis yang gagal atau dikeluarin dari manajemennya.

30. Korean fans gak ragu buat mendonasikan uang mereka dalam jumlah besar buat fandom mereka, makanya fandom sana kaya-kaya.

31. Fans korea adalah fans yang sangat posesif! mereka paling gak suka liat artis idola mereka deket bahkan pacaran sama artis lain! jika hal itu terjadi popularitas si artis dan pacaranya (yang juga artis) akan turun drastis! Selain itu mereka gak akan tinggal diam, korean fans biasanya akan menyerang cewek/cowok mana aja yang berani deketin artis idola mereka, gak jarang mereka juga main fisik! (wih... sadis!). Makanya untuk para artis korea, pacaran itu DILARANG!

Tuh gimana? beda banget kan sama Indonesia? Maaf nih ya bukan mau banding-bandingin tapi realistis aja lah... Di indonesia tinggal buat video lipsync udah bisa populer sampe diarak keliling kota. Di Korea, pengen jadi artis mereka perlu mengorbankan hidup mereka, rela di trainee bertahun-tahun sebelum jadi artis, itu sih kalo berhasil, lah kalo gagal? itulah konsekuensi yang harus mereka hadapin.

Ada beberapa trainer yang kabur dari manajemen mereka bahkan beberapa bulan sebelum mereka debut, ada yang sampe bunuh diri dengan alasan gak tahan. Atau kesabaran mereka untuk debut mereka udah habis. Dan gak sedikit pula banyak yang kabur dari masa trainning, karena gak kuat latihan, latihan dan latihan.

Serem sih... tapi sesuai sama kesuksesan yang mereka dapet. Sebut aja Rain, BIG BANG, 2NE1, Wonder Girls, Super Junior, dll yang sekarang punya fans hampir di SELURUH DUNIA!

Tambahan dan Rumor Lain tentang Artis Korea:
Ada rumor yang bilang kalau untuk jadi artis, sebelum diorbitkan harus 'begituan' dulu. Memang itu sudah jadi rahasia umum di korea tapi gak semuanya dan itu tergantung orangnya aja.

Kalo mereka mau cara cepat ya bisa aja pake jalan 'itu' tapi nantinya hasil yang mereka dapat ya cepat juga, maksudnya mereka cepet ngilang dan gak bakal populer-populer banget kalo skillnya cetek. paling terkenal sebentar karena gaya seksi trus ternyata skillnya gak bagus, abis itu dilupain orang deh!

Di korea kalo udah sekali coba-coba cari sensasi atau berkelakuan buruk bakal di bashing (diperolok) habis-habisan sama masyarakatnya.

Contoh:
Leader 2PM Park Jaebum, dulu pernah masang status message di akun myspace-nya dengan tulisan "korean is gay".

Beberapa waktu kemudian dia dikeluarkan dari 2PM dan sampe sekarang meskipun udah jadi penyayi solo di korea, masih ada sebagian netizen yang bashing dia!"

Baca juga:
10 Artis Korea Pop (K-Pop) dengan Kepribadian Paling Aneh
10 Fakta Menarik Seputar Boyband dan Girlband Korea
Arsip (kumpulan semua artikel veromons)

source

Bagikan ya :