Membedakan Tablet dengan Smartphone

Bagikan ya :

Sebelumnya tablet dan smartphone bisa dibedakan dari besar kecilnya layar, namun definisi semacam itu sekarang tidak lagi mudah diterapkan.

Android sebagai mobile platform yang mendominasi pasar smartphone muncul dengan berbagai produk dan ukuran layar yang semakin membingungkan. Seperti Samsung Galaxy Note, misalnya. Produk tersebut memiliki display berukuran 5,3 inci. Jika Kamu menyebutnya tablet, maka Samsung mengategorikan Galaxy Note sebagai smartphone.

Samsung Galaxy Note 5,3 inch (kiri)
2011 bisa disebut sebagai Tahun Tablet. Itu karena bermacam produsen dari berbagai negara berlomba-lomba merilis tablet. Bahkan, ada merek-merek yang tidak pernah Kamu tahu sebelumnya, tiba-tiba saja meluncurkan tablet Android. Ya, tahun 2011 memang disebut sebagai arena untuk berlomba menciptakan tablet, dengan berbagai OS.

Namun itu bukan berbarti smartphone mati di 2011. Sebaliknya, para produsen hardware juga terus menciptakan smartphone baru. Smartphone Android bahkan terhitung muncul tiap minggu selama 2011 ini.

Baik tablet maupun smartphone, dua-duanya merupakan perangkat mobile yang bisa melakukan berbagai pekerjaan yang hampir sama. Satu-satunya perbedaan yang tampak dari luar adalah ukuran touchscreen; tablet memiliki display yang lebih lebar dari smartphone. Namun tentu saja perbedaan smartphone dan tablet bukan hanya pada display. Ada sejumlah fitur yang membedakan smartphone dan tablet.

Perwakilan Acer, S. Rajendram, menyebut tablet adalah perangkat mobile untuk hiburan. Tablet pada dasarnya digunakan untuk multimedia, internet brwosing dan hal-hal lain yang lebih nyaman dilakukan dengan touchscreen lebar dibanding di  smartphone dengan layar lebih kecil. Display yang lebih besar seperti pada tablet merupakan USP dan di masa mendatang ukuran display itu akan semakin besar, sesuai dengan permintaan pasar.

Meski demikian ada sebuah faktor penting yang menggambarkan apa yang sebenarnya diinginkan oleh konsumen. Sebagai contoh, jika konsumen menginginkan kemudahan mobilitas pastinya mereka akan memilih perangkat mobile dengan display lebih kecil. Namun jika konsumen menginginkan layar lebar untuk mendukung kegiatan komputasi yang lebih kuat, pastinya pilihan jatuh pada tablet.

Jika VeroMania tahu Android Honeycomb merupakan mobile OS milik Google untuk tablet, maka tak lama lagi Kamu akan menyaksikan sebuah Android versi terbaru yang mendukung smartphone maupun tablet. Yang dimaksud adalah Android Ice Cream Sandwich; merupakan kekuatan Google terbaru yang mampu menyatukan smartphone dan tablet Android.

Dengan munculnya Android Ice Cream Sandwich, sejumlah pengamat teknologi memperkirakan nantinya batasan antara smartphone dan tablet semakin sempit. Artinya, akan ada produk Android baru yang menawarkan kemampuan baik sebagai tablet maupun sebagai smartphone.

Smartphone dengan ukuran display sedikitnya 5 inci akan memberikan performa yang lebih baik dibanding smartphone yang ada saat ini. Namun di saat yang sama smartphone dengan ukuran display sebesar itu akan mempengaruhi portabilitas sebagai smartphone. Konsumen yang memikirkan faktor portabilitas tentunya tidak akan memilih smartphone dengan display besar.

Adanya sebuah teknologi yang dipakai untuk membuat dua perangkat mobile yang berbeda tidak akan bisa membantu konsumen untuk memilih. Apakah itu smartphone atau tablet, yang ditawarkan di pasaran saat ini sama-sama memiliki konfigurasi hardware sama dengan prosesor multi GHz. Dalam hal performa, keduanya menawarkan hal yang hampir sama tapi tidak dengan user experience. User experience di tablet pastinya berbeda dengan smartphone mengingat besar display yang dipakai juga berbeda ukurannya. Tapi sepertinya masalah ukuran display itu sedikit demi sedikit semakin tipis perbedaannya.

Tablet dengan ukuran display 7 inci telah banyak beredar di pasaran. Ukuran itu dianggap pas untuk konsumen yang menginginkan tablet dengan tingkat portibilitas tinggi. Berbeda dengan tablet 10 inci, konsumen yang menginginkan kenyamanan dalam bepergian lebih memilih tablet 7 inci.

Tablet 7 inch
Berbeda dengan tablet, salah satu hal penting yang ditawarkan smartphone adalah tingkat portabilitasnya yang sangat baik. Sebagai contoh, Acer Iconia Smart dengan aspect ratio 21:9 memiliki display 4,8 inci akan mampu memberikan tampilan yang lebih baik dibanding smartphone lain. Di masa mendatang smartphone dengan ukuran serupa akan terus bermunculan.

Acer Iconia Smart 4,8 inci [image source: GSMarena]
Sementara itu Varghese Thomas dari RIM India mengatakan bahwa tablet dan smartphone merupakan dua produk independen. Dia memperkirakan di masa mendatang baik tablet maupun smartphone akan berjalan beriringan tanpa adanya dominasi satu sama lain. Smartphone barangkali akan tetap mendominasi pasar namun tablet tidak akan punah mengingat konsumen memerlukannya untuk hal yang tidak bisa mereka lakukan dengan nyaman di smartphone, seperti menonton video.

Meskipun belum jelas akan seperti apa evolusi smartphone dan tablet namun pengamat yakin bahwa adanya produk baru tidak akan mempengaruhi bentuk smartphone dan tablet yang telah ada saat ini. Namun adanya Android Ice Cream Sandwich merupakan tanda bahwa tak lama lagi Kamu akan melihat meleburnya smartphone dan tablet menjadi sebuah produk baru yang semakin mempersempit perbedaan antara smartphone dan tablet.

Bagaimana VeroMania, mau pilih Tablet atau Smartphone? atau mau gabungan dari Tablet dan Smartphone?? :)

source

Bagikan ya :