Tips Menghemat Baterai pada iPhone 4S

Bagikan ya :

Besutan terbaru perusahaan apple ini memiliki kemampuan komputing yang melibihi iPhone 4, karena didukung oleh penggunaan prosesor dual-core, namun justru itu merupakan bumerang buat iPhone 4S sendiri karena membuat boros pemakaian baterai. Sejumlah pengguna iPhone 4S pun juga mengeluhkan borosnya baterai yang dikatakan memiliki kualitas tidak sebaik baterai iPhone 4.

Kondisi baterai iPhone 4S memang bisa dikatakan sedikit aneh. Dengan kapasitas sedikit lebih tinggi dibanding baterai iPhone 4 (5,3 WHrs versus 5,25) tapi battery life di iPhone 4S justru lebih boros dibanding baterai iPhone 4.

Borosnya baterai iPhone 4S selain terkait dengan penggunaan prosesor dual-core, juga disebabkan oleh banyaknya fungsi software yang bekerja bersama dalam satu waktu. Hal itu tentu saja akan menguras baterai iPhone 4S. Fitur location-aware membutuhkan daya baterai yang sangat besar setiap kali digunakan. Selain itu masih timbul masalah saat dijalankan sehingga tidak salah jika pengguna iPhone 4S merasa terganggu dengan hal tersebut.

Penggunaan baterai terbesar di iPhone 4S adalah pada new push di location awareness, yaitu adanya Reminders, Find My Friends dan software sejenis yang memungkinkan Foursquare melakukan hal detail seperti mengingatkan Kamu untuk berhenti di cafe terdekat. iPhone model tebaru ini menggunkan GPS cellular sehingga mampu update setiap lokasi lebih sering dari software iPhone sebelumnya. Itulah yang menyebabkan boros baterai.

Tidak perlu panik karena sebenarnya untuk menyiasati boros baterai di iPhone 4S Kamu cukup mematikan fitur location. Bukalah Location Setting dan Kamu akan melihat rundown dari semua aplikasi yang kemungkinan menghabiskan daya baterai. Aplikasi seperti Weather dan Maps adalah penguras baterai.

Lebih jauh Kamu bisa melihat di bagian bawah setiap list terdapat System Services. Tepat disitu lalu non aktifkan hal-hal berikut:

Diagnostics & Usage
Informasi tentang about bagaimana dan dimana Kamu menggunakan iPhone, dikirim otomatis ke Apple.

Location-Based iAds
Matikan saja untuk menjamin keamanan lokasi Kamu berada.

Setting Time Zone
Perlu aktifkan hanya saat Kamu berada di luar negeri.

Traffic
Tidak banyak orang memerlukan fitur ini sehingga bisa dimatikan jika tidak diperlukan.


Selain mengatur sejumlah aplikasi di Setting Kamu juga bisa melakukan beberapa hal ini untuk mengemat baterai iPhone 4S

Email
Push email memang sangat penting tapi penggunaan koneksi yang harus ON setiap saat adalah salah satu hal yang membutuhkan daya baterai lebih. Jika Kamu tidak keberatan menunggu aturlah melalui Setting > Mail, Contacts, Calendar > Fetch New Data, turn off Push dan set Fetch ke interval terlama (manual adalah pilihan terbaik).

iCloud
Background syncing di iCloud akan menghabiskan baterai iPhone 4S. Cobalah deactivate iCloud dan lihat apakah berpengaruh pada baterai. Jika iya, maka Kamu perlu setup iCloud mulai awal.

Jangan lupa mengecek hal-hal umum seperti menurunkan screen brightness dan mematikan Bluetooth dan Wi-Fi jika tidak digunakan.

Jailbreak iOS 5 di iPhone 4S dikatakan bisa mengatasi masalah boros baterai ini tapi sayangnya untuk saat ini belum rilis untuk publik. Untuk itu Kamu bisa menggunakan metode di atas untuk mengatasi masalah boros baterai di iPhone 4S.

Semoga bermanfaat yaa.. :)

source

Bagikan ya :