Tips Bagaimana Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Bagikan ya :

Rasa percaya diri merupakan salah satu sikap yang sungguh penting untuk kehidupan sosial, cinta, karir dll. Namun rasa percaya diri yang berlebihan (narsisme) juga tidak baik. Percaya Diri memberikan kita kebebasan untuk melakukan kesalahan dan mengatasi dengan kegagalan tanpa membuat diri kita tidak berharga. Jika kita memiliki rasa percaya diri, secara tidak langsung dapat meningkatkan rasa percaya diri orang lain juga.

Selain itu, kebanyakan orang segan untuk mengembalikan sesuatu hal yang dilemparkan oleh seseorang yang gugup, meraba-raba dan terlalu menyesali yang telah diperbuat. Di lain pihak, Kamu mungkin dengan cepat terpengaruhi oleh seseorang yang berbicara dengan jelas, yang lebih mengutamakan pikiran yang jernih, yang menjawab pertanyaan dengan pasti, dan selalu siap dan tidak malu mengakui jika dia tidak mengetahui tentang suatu hal.

jadi berapa tingkat Kepercayaan Diri Kamu jika bisa dinilai dengan skala 1-10? Apakah Kamu termasuk memiliki kepercayaan Diri yang rendah? ada berita bagus untuk Kamu, ternyata rasa Percaya Diri dapat ditelaah dan dibangun.

Mari kita mulai proses membangun rasa Percaya Diri. Mohon diingat tidak ada solusi instant untuk itu. Namun seperti kata pepatah; “Practice make a man perfect.” Jadi yang harus Kamu lakukan adalah mencoba dan mengimplementasikan tips berikut dalam kehidupan sehari-hari.


1. Kenali rasa ketidaknyamanan Kamu
Kita semua memiliki rasa ketidaknyamanan. Bisa muncul karena jerawat di muka Kamu, selalu menyesali, tidak nyaman pada teman-teman Kamu. Memberikan nama pada sesuatu hal yang dapat membuat Kamu merasa tidak berharga, malu atau rendah dapat membantu melawan hal-hal tersebut. Kamu bisa menuliskan pikiran Kamu pada sehelai kertas dan ini dapat membuat perasaan Kamu lebih ringan dan bahagia.

Ingat tidak ada seorang pun yang sempurna. Orang-orang disebelah Kamu mungkin juga memiliki banyak rasa ketidaknyamanan yang sama dengan Kamu. Jika dengan menuliskan masalah Kamu tidak cukup membantu, Kamu bisa membicarakannya dengan teman dekat Kamu atau seseorang yang Kamu cintai. Membagi pikiran Kamu akan menolong meringankan beban yang Kamu tanggung sendiri.


2. Kenali kesuksesan Kamu
Tidak jadi soal seberapa besar perasaan ketidaknyamanan Kamu, Tuhan telah memberkahi diantara kita dengen suatu bakat tertentu. Temukan sesuatu hal yang Kamu ahli dan jago di bidang itu dan fokuslah untuk mengembangkannya. Rendah diri adalah pernyataan pikiran yang mendeklarasikan diri Kamu sebagai Korban. jangan biarkan diri Kamu menjadi Korban.


3. Bersyukurlah atas apa yang Kamu miliki
waktu membuktikan akar dari perasaan ketidaknyamanan dan tidak percaya diri adalah perasaan selalu tidak cukup atas kepemilikan sesuatu, apakah itu pengakuan emosional, keberuntungan, uang, dll. Dengan mengakui dan menghargai apa yang kita miliki, Kamu dapat melawan perasaan tidak utuh dan tidak puas. Menemukan kedamaian dalam diri akan membangkitkan percaya diri Kamu.


4. Selalu berpikiran postif
Hindari mendapatkan rasa kasihan dan simpati dari orang lain. jangan pernah membuat orang lain memiliki rasa rendah terhadap Kamu, mereka bisa merasa sepert itu hanya dengan seijin Kamu. Jika Kamu terus menerus benci dan merendahkan diri Kamu sendiri, orang akan melakukan dan menilai Kamu seperti itu. Kamu harus berbicara positif tentang diri Kamu,tentang masa depan Kamu, dan tentang kemajuan Kamu.Jangan pernah takut menunjukkan kekuatan dan qualitas Kamu pada orang lain.


5. Berpakaian rapi
Walaupun pakaian tidak membuat orang lebih berkualitas, tapi dapat mempengaruhi cara berpikir kita terhadap diri kita sendiri. Ketika kita tidak terlihat bagus, maka perasaan Kamu juga tidak bagus. Dan ini dapat merubah cara Kamu membawa diri Kamu sendiri dan berinteraksi dengan orang lain. Ini bukan berarti Kamu harus menyediakan uang yang banyak untuk belanja baju.

Daripada membeli banyak pakaian murah, lebih baik membeli beberapa baju dengan kualitas tinggi. Dalam jangka waktu yang lama juga akan menghemat pengeluaran, sebab baju yang lebih bagus dan sedikit lebih mahal akan lebih kuat dibandingkan baju yang jelek dengan harga yang murah.


6. Berjalan dengan cepat
Gaya berjalan sangat berbicara banyak tentang kepribadian Kamu. apakah lambat?seperti kelelahan?menyakitkan? atau enerjik? orang dengan rasa percaya diri bagus akan berjalan lebih cepat. Mereka memiliki tempat yang harus dituju, orang yang harus ditemui, pekerjaan penting yang harus dilakukan. Kamu dapat meningkatkan kecepatan langkah jalan Kamu. Berjalan 25% lebih cepat dari sebelumnya akan dapat membuat Kamu terlihat dan merasa lebih penting.


7. Berikan pujian kepada orang lain
Ketika berpikir negatif tentang diri kita, kadang kita juga melakukan hal yang sama pada orang lain dalam bentuk hinaan dan gosip. Hindari bergosip ria yang mana dapat menusuk diri Kamu sendiri dan berusaha memberikan pujian pada orang-orang disekitar Kamu. Dalam prosesnya, Kamu akan menjadi disukai dan dapat membangun rasa percaya diri. Dengan melihat sisi yang terbaik dari orang lain,secara tidak langsung membawa hal yang terbaik pada diri sendiri.


8. Duduk di bangku paling depan
Orang-orang ‘Aliran belakang’ mungkin dapat bersenang-senang di sekolah atau di kuliah pada saat duduk di belakang, tapi itu tidak akan memberikan dorongan untuk membangun rasa percaya diri. Jangan pernah takut untuk diperhatikan. Dengan memutuskan untuk duduk di baris depan, Kamu dapat menghilangkan ketakutan yang tak beralasan karena diperhatikan dan dapat membangun kepercayaan diri Kamu.


9. Berbicaralah dan Tersenyumlah
Penelitian membuktikan banyak orang takut berbicara atau bertanya pada grup diskusi atau acara umum. Mereka takut akan dinilai orang lain karena berbicara sesuatu yang konyol. Padahal, orang kebanyakan lebih menerima daripada yang kita bayangkan. Kenyataannya kebanyakan orang memiliki ketakutan yang sama persis.

Dengan berusaha berbicara setidaknya sekali di setiap diskusi kelompok, Kamu akan menjadi pembicara yang bagus, lebih percaya diri tentang pikiran Kamu, dan akan dikenali sebagai leader oleh rekan-rekan Kamu. Selain itu,jangan lupa juga untuk selalu tersenyum, coba untuk tersenyum sesering mungkin. Orang selalu menyenangi wajah yang penuh senyum. Orang akan selalu welcome jika kontak dengan Kamu. Wajah yang selalu tersenyum akan selalu menerima kehangatan dan rasa sayang. Penerimaan yang baik dari orang lain akan meningkatkan rasa percaya diri kita.


10. Berolahraga
Pikiran yang sehat muncul dari badan/ fisik yang sehat pula. Jika Kamu dalam kondisi fit, Kamu akan memiliki energi positif. Jika Kamu tidak fit, Kamu akan merasa tidak menarik. Ini akan menyebabkan kemerosotan akhlak. Sedikit disiplin dalam hidup Kamu dapat membantu banyak dalam pencapaian rasa percaya diri Kamu yang lebih tinggi.

source

Bagikan ya :