7 Mall Terbesar di Indonesia

Bagikan ya :
Indonesia memang negara yang paradoks dimana negerinya makmur, namun rakyatnya masih banyak yang berada di bawah garis kemiskinan. Golongan menengah ke atas menguasai 95% ekonomi Indonesia. Tidak heran kalau mall-mall di Indonesia, terutama Jakarta, menjadi sangat besar.

Tahukah Kamu bahwa dua mall di Indonesia masuk 30 mall terbesar di dunia? Apapun itu bolehlah kita berbangga dengan keringat pekerja Indonesia dapat dibangun 7 mall terbesar di Indonesia ini. Daftar ini berdasarkan luas lantai efektif dan tidak termasuk proyek yang belum diresmikan saat artikel ini ditulis. Disini juga menambahkan jumlah studio bioskop sebagai salah satu bahan perbandingan (jika ada kesalahan silahkan dikomentari).

7. Tunjungan Plaza
Luas Area: 155.000 m2, Tunjungan Plaza XXI 4 Studi; Tunjungan 21 4 Studio

Tunjungan Plaza adalah satu-satunya mall di luar Jakarta yang masuk ke daftar ini. Mall ini sebenarnya merupakan gabungan dari 4 buah mall yaitu Tunjungan Plaza 1-4, dan akan segera diperbesar dengan tambahan Tunjungan Plaza 5.

Terletak di daerah Tunjungan yang merupakan pusat komersial Surabaya, mall ini menjadi salah satu tujuan belanja di Surabaya. Mall ini berada di bawah naungan Pakuwon Group. Mall ini termasuk mall menegah keatas di Surabaya dan berisi gerai-gerai retail dan restoran internasional. Menurut pendapat saya mall ini agak membingungkan karena memang dibangun bertahap dengan layout yang berbeda setiap mallnya.


6. Central Park
Luas Area: 170.000 m2, Blitzmegaplex 8 Studio

Mall paling baru di Jakarta ini memiliki konsep yang unik karena di dalam superbloknya terdapat taman yang luasnya 55.000 m2 yang dirancang dengan memperhatikan panca indera manusia. Bagi Kamu yang skeptis dan curiga, luas yang tertulis di atas hanya luas mall saja, luas seluruh komplek superblok yang terdiri dari apartemen, hotel dan perkantoran seluruhnya 650.000 m2.

Menurut saya mall ini membawa konsep yang berbeda dan berjalan-jalan serta ngobrol dengan teman-teman Kamu menjadi sangat menyenangkan di taman-taman mall ini. Mall ini memiliki department store SOGO terbesar di Indonesia. Mall ini dibangun oleh Agung Podomoro Group.


5. Supermall Karawaci
Luas Area: 187.000 m2, Karawaci XXI 3 Studi, Karawaci 21 4 Studio

Mall ini terletak di Tangerang di area Lippo Village, Karawaci. Di dalam Supermall Karawaci kita dapat menemukan sebuah food court yang luar biasa besarnya (megah) dengan langit-langit yang sangat tinggi dan sebuah taman bermain dengan jet-coasternya sendiri.

Selain itu mall ini adalah sebuah mall menengah ke bawah. Malang mall ini pernah dibakar saat kerusuhan Mei 1998 dan banyak rumor gelap beredar mengenai mall ini. Namun baru-baru ini mall ini diperbesar dengan menambah luas bangunan dan memasukkan gerai-gerai internasional ke dalamnya untuk mendongkrak kemewahan mall ini. Mall ini (sudah jelas) dikelola oleh Grup Lippo.


4. Gandaria City
Luas Area: 220.000 m2, Gandaria XXI 7 Studio

Gandaria City merupakan mall paling baru dalam daftar kita. Mall yang juga dibidani oleh Pakuwon Group ini berada dalam superblok yang termasuk apartemen, kantor dan hotel. Target mall ini kalangan menengah keatas, sesuai dengan lokasinya yang berdekatan dengan kawasan perumahan elit di Jakarta.

Belum banyak yang bisa diceritakan dari mall ini, namun dalam beberapa hari pertama pembukaanya mall ini diserbu pengunjung. Salah satu permasalahan yang dihadapi mall ini adalah jalan arteri yang menjadi aksesnya sudah sangat penuh sampai-sampai mall ini menganggarkan pelebaran jalan, pembuatan jalan baru dan pembangunan terowongan orang.


3. Grand Indonesia
Luas Area: 250.000 m2; Blitzmegaplex 13 Studio

Grand Indonesia, mall yang dibangun oleh Grup Djarum ini bisa dinobatkan sebagai mall paling mewah di Indonesia. Dengan gerai-gerai eksklusif yang menjual barang impor untuk kaum paling kaya di negeri ini, restoran-restorannya, sebuah hotel mewah, mall ini bisa menjadi tempat bermain kalangan menengah keatas. Dengan bioskop blitzmegalpex terbesar dan gramedia terbesar di negeri ini, lengkap dengan taman jepang yang indah, koridor-koridor timur tengah, mall ini cukup mengasyikan untuk dijalani. Pastikan saja Kamu membawa banyak uang.


2. Mall Artha Gading
Luas Area: 270.000 m2, Artha Gading XXI 5 Studio

Mall Artha Gading merupakan mall yang dibidani oleh Artha Graha Group. Mall ini mengambil berbagai macam tema dalam desainnya, dari menara miring pisa, gajah-gajah persia sampai candi-candi Indonesia di pintu masuknya. Mall ini sangat besar dan luas, namun sebagian besar gerai di dalamnya tidak terisi.

Mentargetkan untuk golongan menegah sampai menengah ke atas, mall ini seperti berjalan terseok-seok dibanding saudara-saudaranya di Kelapa Gading. Namun untuk ukuran gedung, mall ini menjadi yang terbesar diantara seluruh mall di Jakarta Utara dan Timur.


1. Mall Taman Anggrek
Luas Area: 360.000 m2, Anggrek XXI 4 Studio

Mall di Jakarta Barat ini untuk satu dasawarsa tidak tergoyahkan sebagai mall paling besar di Indonesia. Dengan sebuah ice-skating rink, dua buah department store besar, hall utama yang sangat luas, jumlah lantai yang sangat banyak, mall ini menjadi tujuan belanja untuk kalangan menengah sampai menengah ke atas.

Lokasinya yang strategis juga membuatnya menjadi tempat pertemuan bagi orang-orang Jakarta. Mall ini juga masuk dalam daftar 10 mall terbesar di dunia. Selain mall, di atas bangunan ini terdapat Apartemen dengan 7 tower, dua buah kolam renang dan sebuah lapangan besar.

source

Bagikan ya :



cari dan booking tiket pesawat murah