Melihat dari Sudut Pandang yang Berbeda

Bagikan ya :

Halo Veroholic :)
Kali ini admin akan mencoba mengangkat artikel yang menurut admin bagus buat kita ributkan diskusikan, yaitu "Bagaimana kita memandang sesuatu dari perspektif orang lain". Artikel ini lumayan asik untuk kita pahami bersama :).

Oke! kita mulai dari pemahaman sudut pandang, apakah itu perbedaan sudut pandang? mmmhh...  oke mungkin bisa kita lihat dari gambar yang ada dibawah ini untuk memahami sebuah perbedaan sudut pandang.

Menurut manusia, Ayam Panggang adalah sesuatu yang yummi yang enak buat disantap bersama teman dan keluarga bener gak? tapi beda disisi ayam, hal itu adalah sesuatu yang horor dan menakutkan untuk teman dan keluarganya. Sekali lagi ini Ini cuma contoh sebuah analogi sudut pandang yang berbeda, bukan berarti sekarang kita gak boleh makan ayam panggang ya hahaaa....

Itulah perbedaan sudut pandang, sama halnya kita di kehidupan ini... apalagi di Indonesia dengan beragam Suku, Ras, Budaya, Agama, Adat dll. Amat Sangat Perlu Sekali Banget kita belajar untuk memandang dan memahami sudut pandang yang berbeda, buat apa? Biar kita gak mudah di provokasi, Buat kedamaian dan kesatuan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Kalo udah damai kan kita jadi tenang dan senang berkreasi dan ber-inovasi dalam membangun bangsa ini.

Ini ada analogi tentang suatu perbedaan sudut pandang.
Suatu ketika, budi dan teman-temanya sedang berda di kebun binatang dan melihat seekor monyet.
Budi : (dengan menunjuk ke arah monyet) itu monyet
lalu tiba-tiba...
Bule : No! it's Monkey
Budi dan teman-temannya : Itu Monyet bego!!!
Bule : NO!!! sure not! it's Monkey!!!
Akhirnya mereka bertengkar untuk mempertahankan pendapat mereka karena perbedaan sudut pandang dari segi bahasa. Padahal monyet dan monkey itu sama, cuma bahasanya aja yang beda.

Perbedaan itu perlu agar dunia ini tidak statis, bayangkan jika di dunia ini hanya ada:
- Satu warna (cuma ada warna merah tok)
- Satu nada (cuma ada nada "do" aja)
- Satu sifat (cuma ada sifat pendiam atau pemarah)
- Satu jenis kelamain (cuma ada laki-laki, wah... maho semua donk hahaaa)

Ada juga teman yang berkata "Kenapa kok banyak ada aliran keyakinan/kepercayaan dan Agama di Dunia ini ya?" sama halnya dengan dia bertanya "Kenapa kok banyak ada aliran musik di Dunia ini ya? padahal nada dasarnya cuma ada satu".

Jadi.... Perbedaan itu adalah sesuatu yang PASTI! jadi ya kita syukuri dan patut kita PAHAMI bersama-sama. Atau kita balik aja, jika ingin memahami orang lain.. carilah perbedaan :D
Oke, itu aja teman dan mohon komen-nya yaa ;)

Bagikan ya :